DUTABET – Luis Suarez harus menjalani operasi lutut dan bakal absen hingga empat bulan ke depan. Ini adalah kehilangan besar bagi Barcelona dan tim nasional Uruguay.

Striker andalan Barcelona dan Uruguay tersebut diperkirakan bakal kembali pada Mei 2020 mendatang. Itu artinya dia bakal melewatkan beberapa laga penting, baik bersama Barcelona maupun Uruguay.

Termasuk di antaranya adalah El Clasico melawan Real Madrid dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Babak 16 besar Liga Champions sudah berada di depan mata. Barcelona sudah diundi melawan Napoli dari Italia.

Leg pertama akan digelar di kandang Napoli, pada 25 Februari 2020. Leg kedua di Camp Nou akan dimainkan pada 18 Maret 2020.

Barcelona terakhir kali menjuarai kompetisi elit ini adalah pada 2015. Dua musim terakhir, Barcelona secara menyakitkan disingkirkan AS Roma dan Liverpool di babak knockout meski menang di leg pertama.

Kali ini, Barcelona akan menghadapi Napoli. Walau sudah berpisah dengan Carlo Ancelotti, dan kini dilatih Gennaro Gattuso, Napoli tetap harus diwaspadai.

Napoli mungkin sedang tidak konsisten belakangan ini, tapi tetap dianggap sebagai lawan yang berbahaya. Terlebih lagi, Barcelona harus menghadapi Napoli tanpa striker andalannya.

Real Madrid (La Liga)
Suarez sudah mencetak 11 gol dalam 16 penampilan melawan Madrid di semua kompetisi. Sepanjang kariernya sejauh ini, dia cuma mencetak gol lebih banyak kontra dua tim lain, masing-masing 12 gol, yakni Valencia dan Norwich City.

Suarez adalah salah satu jimat kemenangan Barcelona di El Clasico. Kehilangan dia tentu saja dampaknya bakal sangat terasa.

Kualifikasi Piala Dunia
Uruguay akan mengawali perjuangannya di Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona CONMEBOL dengan laga kandang melawan Chile pada 26 Maret 2020. Uruguay harus melakoni laga ini tanpa all-time top scorer mereka.

Suarez sudah mencetak 59 gol untuk Uruguay, lebih banyak daripada pemain-pemain lainnya. Di urutan kedua adalah tandemnya, yakni Edinson Cavani dengan 50 gol.

Selain laga pembuka melawan Chile, Suarez juga bakal melewatkan laga kedua dalam rangkaian kualifikasi ini, yaitu tandang melawan Ekuador pada 31 Maret 2020.

Espanyol (La Liga)
Derby melawan Espanyol di Camp Nou menunggu Barcelona pada pekan ke-35, pada 10 Mei 2020. Jika pada titik ini Barcelona masih berada dalam perburuan gelar juara La Liga, maka kemenangan bakal sangat mereka butuhkan.

Suarez juga memiliki rekor bagus melawan Espanyol, sudah mencetak 10 gol dalam 14 pertemuan. Keberadaannya bakal sangat dibutuhkan.

Tanggal 10 Mei 2020 adalah perkiraan tanggal comeback Suarez. Jika proses pemulihannya berjalan lancar, atau bahkan lebih cepat, Suarez bisa kembali saat melawan Espanyol. Jika ada kendala, bisa saja dia absen sedikit lebih lama. Barcelona pasti tak menginginkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here